Cari Blog Ini

Sabtu, 27 Februari 2016

Kawasaki Binter Merzy (KZ200), Legenda yang Bersinar Terang !


Binter Merzy Main

The Trully Legend… Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan sosok Kawasaki Binter Merzy ! Sosok Classic Naked-Bike yang satu ini memang kental dengan Nuansa kharismatik… Karena biar bagaimanapun, Inilah sosok andalan Geng-Ijo di Tanah air, pada era 80-an silam. . . Tak heran, buaanyaak banget yang merequest EA’s Blog untuk membahas sosok yang satu ini… Seperti yang disampaikan Bro Andiana Wayan via FB Fanspage EA’s Blog. . .
Brosist penasaran gimana sejarah & detail tentang sosok Binter Merzy ini ?? Yuk kita simak bareng-bareng Brosist. . . Cekidots !


Binter Merzy


Binter Merzy adalah Classic Naked-Bike 200cc Silinder tunggal yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia tahun 1980 silam. . . Aslinya, Binter Merzy adalah Kawasaki KZ200 (Z200) yang dipasarkan di Jepang, sejak tahun 1976 Silam, dan masih masuk ke dalam klan Z-Series Kawasaki yang melegenda. . .
Nama Binter sendiri, dicomot dari singkatan “Bintang Terang”…  Yaitu nama Distributor Kawasaki di Indonesia tahun 80-an silam, PT. Bintang Terang Indonesia. . .

Binter Merzy 5

Sayang sungguh sayang, Akibat Binter menutup usahanya pada tahun 1985-1986’an silam… Akhirnya Binter Merzy ini pun harus mengakhiri masa baktinya tepat di tahun yang sama. . . Padahal, Binter Merzy sempat mendapat respon yang sangat positif dari Konsumen Tanah Air… Karena usut punya usut, Ternyata Merzy adalah motor bermesin 200cc pertama yang dibanderol masuk akal tuh Brosist. . . Waoww, Give Applause to Merzy !!

Tahukah Brosist. . .
PT. Bintang Terang Indonesia atau “Binter”, Justru menjadi Sejarah Hitam Kawasaki di Tanah Air. . . Penyebabnya, karena diberitakan pemiliknya adalah Eddy Tansil, yang Notabene adalah seorang Buronan Koruptor kelas wahid di Indonesia. . . Dan kasus gulung tikarnya Binter pun, Sering dikaitkan dengan Buronan yang satu ini. . .


Kawasaki KZ200 Binter Merzy 2

Di sektor desain, EA’s Blog membagi Binter Merzy terbagi menjadi 2 generasi. . . Produksi pertama yang dimulai dari tahun 1980, Desain Binter Merzy mengadopsi style “bulet-bulet“… yang terinspirasi dari produk flagship Pabrikan geng-ijo, Kawasaki H2 Mach IV &Kawasaki KZ900. . .

Binter Merzy 2

Hingga akhirnya,  tahun 1984 Binter Merzy berubah desainnya menjadi lebih “kotak-kotak“… yang ditandai dari bagian headlamp, tangki, hingga stoplamp belakang. . . Dan lagi-lagi mengadopsi styling dari produk Flagship mereka, Kawasaki KZ1300. . .

Binter Merzy 4
Kawasaki KZ200 Binter MerzyKawasaki KZ200 Binter Merzy 3 Kawasaki KZ200 Binter Merzy 4

Beralih ke sektor mesin… Binter Merzy alias Kawasaki KZ200 ini mengusung mesin 4-Tak, 198cc, Silinder Tunggal, SOHC 2 Valve, yang di develop untuk kebutuhan sehari-hari ataupun touring ria di akhir pekan. . . Mengusung mesin berjenis Overbore, Power yang dihasilkan mesin “tradisional” ini masih cukup maknyus loh Brosist. . .
Dengan asupan BBM yang dikawal Karburator Keihin PW26, Powernya diklaim mampu tembus 18 HP @ 8.000 RPM, dengan Torsi maksimal di angka 16,5 N.m @ 7.000 RPM. . . IMHO, untuk kategori classic bike 200cc jadul, Klaim power Binter Merzy diatas termasuk mantap tuh Brosist !

Nah, Seperti biasanya sebagai tambahan… EA’s Blog akan memberikan Spesifikasi detail Binter Merzy ini spesial untuk Brosist sekalian. . . Cekidots !

Manufaktur : PT. Bintang Terang Indonesia
Model : Binter Merzy (Kawasaki KZ200)
Tahun Pembuatan : 1980 – 1986

Engine : 4-Tak, Air-Cooled, Silinder Tunggal, SOHC 2 Valve
Bore x Stroke : 66 x 58 mm
Kapasitas Silinder : 198 cc
Rasio Kompresi : 9,0 : 1
Penyuplai BBM : Karburator Keihin PW26
Max Power : 18 HP @ 8.000 RPM
Max Torsi : 16,5 N.m @ 7.000 RPM

Dimensi P x L x T : 1.920 x 780 x 1.050 mm
Tinggi Jok : 775 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.280 mm
Berat Kosong : 126 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 9,5 Liter

Frame : Steel Tube Diamond-Type Frame
Suspensi Depan : Teleskopik Fork
Suspensi Belakang : Dual-Shockbreaker, Tubular Swingarm
Rem Depan : Cakram Hidrolik, Disc 205 mm, Kaliper 1 Piston
Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)
Ban Depan : 2. 75 – 18 Inch
Ban Belakang : 3. 25 – 17 Inch


Well. . . Meskipun harus berakhir karena masalah Internal yang cukup pelik… Tapi Binter Merzy tetaplah “Trully Legend” di kancah persepeda motoran tanah air kita. . . Namanya jelas layak untuk disandingkan dengan legend lain, seperti Honda Tiger, Kawasaki Ninja 150, Yamaha RX-King, serta yang lainnya. . . Oleh karena itu, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberikan Tagline…

” Binter Merzy, The Two-Wheel Shinning Legend ! “

Kawasaki KZ200 Binter Merzy 5

Sumber:
http://enoanderson.com/2015/01/28/kawasaki-binter-merzy-kz200-legenda-yang-bersinar-terang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jalan - Jalan Ke Obyek Wisata Air Terjun Sulok...

Beberapa saat yang lalu, anggota Kopi Moca dalam rangka mengenalkan salah satu obyek wisata di kab. Bulungan berwisata ke Air terjun Sulok y...