Cari Blog Ini

Sabtu, 27 Februari 2016

Sejarah CB 100 di Indonesia

Berhubung makin maraknya peminat motor clasic khususnya CB di jalanan dan dengan dihadirkannya kembali oleh sang pemilik HONDA dengan nama CB150R membuat pribados penasaran ingin tahu mengenai motor tersebut hinga akhirnya search sana search sini dan apat deh artikel yang bagus yang bersumber dariMotorlama.com, Dan bagi akang atau teteh yang pengen mengetahuinya juga silahkan baca dengan tenang dan santai artikel dibawah ini.

Akang teteh semuanya Honda CB pertama kali masuk ke Negara kita Indonesia pada tahun 1971 dengan code Honda CB 100 K1 oleh PT. Federal Motor, karena perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni tahun 1971. Sebelum CB, tipe sepeda otor yang pertama kali di Produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90 cc. Memroduksi disini sebenarnya hanyalah merakit, karena pada saat itu PT. Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down) sehingga motor-motor asli motor jepang bukan seperti motor yang sekarang cuman label jepang padahal dibuat dan dirakit di tanah air.

Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT. Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan yang diantaranya :
  • PT. Honda Federal (1974) memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti Roda, Rangka, dan Knalpot dsb.
  • PT. Showa Manufacturing Indonesia (1979) khusus memproduksi peredam kejut.
  • PT. Honda Astra Engine Manufacturing (1984) memproduksi Sepeda Motor
  • PT. Federal Izumi Manufacturing (1990) khusus memproduksi piston.
Dan pada tahun 2000 PT. Federal Motor dan anak-anak perusahaan di-marger menjadi satu dengan nama PT. ASTRA HONDA MOTOR, dengan komposisi saham 50% Astra Internasional Tbk dan 50% Honda Motor Co. Japan.

  • Pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang berfungsi sebagai kantor pusat.
  • Pabrik kedua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.
  • Pabrik ketiga sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi.  
Pabrik ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.

Pada tahun 2007, AHM menempati ranking pertama penjualan sepeda motor di Indonesia dan tingkat ASEAN dengan produksi ke-20 jutanya.  Pada tingkat dunia, AHM menempati ranking 3 setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina dan India.

Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia di tiap negara.  Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc.  Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk dimodifikasi.  Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972.  Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit.





CB 100 | CB 100 K-0(1970 Super Sport CB 100)
  • Tersedia dalam 3 warna dengan variasi strip putih di tangki bahan bakarnya, yaitu : Candy Blue Green, Candy Ruby Red, dan Candy Gold.
  • Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu sama dengan warna tanki
  • Warna fendernya krom
  • Mesin satu silinder 99 cc, OHC, 5 kecepatan, 1 silinder
  • No serial mulai dari CB100-100001
  • Terbukti sebagai sepeda motor dan mesin yang sangat handal, tahan hingga bermil-mil dalam rpm tinggi dengan mengangkut beban berat.




CB 100 K-1
(1971 Super Sport CB 100)
Tidak ada perubahan pada mesin di tipe ini, cuma berbeda warna cat tangki dan tambahan besi krom di joknya.
  • Tersedia 3 variasi warna : Crystal Blue Metallic, Candy Ruby Red, dan Candy Gold
  • Setengah bagian kebawah dari tangki berwarna putih
  • Emblem “CB100” pada tutup dop kiri kanan terbuat dari plastik
  • Terdapat trim warna krom pada joknya
  • Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu sama dengan warna tanki
  • Spakbor krom
  • No serial mulai dari CB100-200001
  • Kategori : Klasik
  • Rating : 75.9 dari skala 100.
  • Kapasitas : 99.00 ccm (6.04 cubic inches)
  • Tipe mesin : Satu silinder, 4 tak
  • Tenaga : 11.50 HP (8.4 kW)) @ 10500 RPM
  • Kecepatan maksimal : 110.0 km/h (68.4 mph)
  • Kompresi : 9.5:1
  • Bore x stroke:50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
  • Valves per silinder : 2
  • Fuel control : OHC
  • Sistem pendingin : Udara
  • Gearbox : 5 Kecepatan
  • Tipe transmisi, drive akhir : Rantai
  • Dimensi ban depan : 2.50-18
  • Dimensi ban belakang : 2.75-18
  • Rem depan : Expanding brake
  • Rem belakang : Expanding brake
  • Berat termasuk oli, bensin, dll : 92.0 kg (202.8 pounds)
  • Kapasitas tanki : 10.00 litres (2.64 gallons)



CB 100 K-2(1972 Super Sport CB 100/di Indonesia dikenal sebagai CB Gelatik)
Perbedaan pada versi ini adalah warna cat tangki dan emblem CB 100 yang diperbesar dan berada di tengah.  Sebenarnya pada mesin juga tidak ada perubahan, tapi ada 1 keunikan dari CB ini yang sudah menjadi incaran banyak penggemar CB yaitu model tangki bensinnya, yang mana tutupnya bukan berada di tengah bagian atas tangki tetapi di bagian atas sebelah kanan.
  • Tersedia 2 variasi Warna : Putih kombinasi Light Scarlet Red, dan Putih kombinasi Aquarius Blue
  • Pada sisi samping tangki bagian atas terdapat warna merah atau biru, sedangkan bawahnya Hitam
  • Lambang striping segitiga pada dop kiri kanan berwarna sesuai dengan warna dasar merah atau biru Lambang sisi segitiga penutup juga  cocok merah atau biru.
  • Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu berwarna Hitam
  • No serial mulai dari CB100-1200001
  • Kategori : Klasik
  • Rating:72.8 dari skala 100.
  • Kapasitas:99.00 ccm (6.04 cubic inches)
  • Tipe mesin : Satu silinder, 4 tak
  • Tenaga : 11.50 HP (8.4 kW)) @ 10500 RPM
  • Kecepatan maksimal : 110.0 km/h (68.4 mph)
  • Kompresi : 9.5:1
  • Bore x stroke:50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
  • Valves per silinder : 2
  • Fuel control : OHC
  • Sistem pendingin : Udara
  • Gearbox : 5 Kecepatan
  • Tipe transmisi, drive akhir : Rantai
  • Dimensi ban depan : 2.50-18
  • Dimensi ban belakang : 2.75-18
  • Rem depan : Expanding brake
  • Rem belakang : Expanding brake
  • Berat termasuk oli, bensin, dll : 92.0 kg (202.8 pounds)
  • Kapasitas tanki : 10.00 litres (2.64 gallons)

Honda CB 175Ada sumber yang menyatakan bahwa tipe CB 175 keluar tahun 1969, ada pula sumber yang menyatakan bahwa tipe CB 175 keluar tahun 1971.  Adapun spek CB 175 tahun 1971 adalah sebagai berikut :
  • Model:Honda CB 175 Year:1971
  • Category:Classic
  • Rating:70.8 out of 100.
  • Displacement:174.00 ccm (10.62 cubic inches)
  • Engine type:Twin, four-stroke
  • Power:20.00 HP (14.6 kW)) @ 10000 RPM
  • Top speed:130.0 km/h (80.8 mph)
  • Compression:9.0:1
  • Bore x stroke:52.0 x 41.0 mm (2.0 x 1.6 inches)
  • Valves per cylinder:2
  • Fuel control:OHC
  • Cooling system:Air
  • Gearbox:5-speed
  • Transmission type,
  • final drive:Chain
  • Front tyre dimensions:2.75-18
  • Rear tyre dimensions:3.00-18
  • Front brakes:Expanding brake
  • Rear brakes:Expanding brake
  • Weight incl. oil, gas, etc:136.0 kg (299.8 pounds)
  • Fuel capacity:10.00 litres (2.64 gallons)








Honda CB 200
Ada sumber yang mengatakan bahwa CB 200 keluar tahun 1974 dan CB 200 T keluar tahun 1974 tetapi tidak ada penjelasan spesifikasinya.  Adapun CB 200 yang dapat kami jelaskan spesifikasinya adalah sebagai berikut :
  • Model:Honda CB 200 Year:1975
  • Category:Classic
  • Rating:69.5 out of 100.
  • Displacement:198.00 ccm (12.08 cubic inches)
  • Engine type:Twin, four-stroke
  • Power:17.00 HP (12.4 kW)) @ 9000 RPM
  • Top speed:124.0 km/h (77.1 mph)
  • Compression:9.0:1
  • Bore x stroke:55.5 x 41.0 mm (2.2 x 1.6 inches)
  • Valves per cylinder:2
  • Fuel control:OHC
  • Cooling system:Air
  • Gearbox:5-speed
  • Transmission type,final drive:Chain
  • Front tyre dimensions:2.75-18
  • Rear tyre dimensions:3.00-18
  • Front brakes:Expanding brake
  • Rear brakes:Expanding brake
  • Weight incl. oil, gas, etc:142.0 kg (313.1 pounds)
  • Fuel capacity:11.00 litres (2.91 gallons)

Sumber:
http://lentera-sukapura.blogspot.co.id/2013/02/sejarah-dari-sepeda-motor-honda-cb-di.html

Sumber gamber dari google..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jalan - Jalan Ke Obyek Wisata Air Terjun Sulok...

Beberapa saat yang lalu, anggota Kopi Moca dalam rangka mengenalkan salah satu obyek wisata di kab. Bulungan berwisata ke Air terjun Sulok y...